RENCANA KERJA TAHUNAN
MIN SUMELAP KOTA TASIKMALAYA
TAHUN 2016
![](file:///C:\Users\lenovo\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image002.jpg)
MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI SUMELAP
KECAMATAN TAMANSARI KOTA TASIKMALAYA
TLP. 0265-341057 Kode Pos 46196
PENGESAHAN
RENCANA KERJA TAHUNAN
MIN SUMELAP KOTA TASIKMALAYA
TAHUN 2016
Disahkan
Pada Hari Jumat,
19 Februari 2016
Oleh:
Ketua
Komite Sekolah Kepala Sekolah
Drs.
Ruchiat Soepandi Dodo
Suryawadi, S.Pd,I
NIP.
196403071989031003
Mengetahui
Kepala Kementerian Agama
Kota Tasikmalaya
Drs. H. Ahmad Patoni, MM
NIP. 19680504 199203 1 003
KATA PENGANTAR
Segala puji
bagi Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa,
atas segala karunia dan rahmat-Nya, sehingga Rencana Kerja Tahunan Madrasah MIN Sumelap Kota
Tasikmalaya Tahun 2016 dapat terselesaikan dengan baik sesuai yang direncanakan.
Penyusunan Rencana Kerja Tahuan Madrasah ini didasarkan atas kebutuhan dan
harapan segenap
warga madrasah beserta
pemangku kepentingan (stakeholder) dalam mengelola MIN Sumelap Kota
Tasikmalaya. Pertimbangan lain adalah bekerja dengan perencanaan yang jelas akan
memudahkan pelaku kepentingan bekerja secara jelas pula dan lebih terarah.
Berbeda jika bekerja tanpa perencanaan sama halnya menciptakan kegagalan akan
menimbulkan benturan-benturan tugas atau tumpang tindihnya kegiatan.
Pengembangan program kerja sekolah disusun berdasarkan hasil evaluasi diri
dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan (stakeholder) sekolah.
Materi program kerja disusun secara garis besar, karena itu pelaksanaannya di
lapangan disesuaikan dengan kondisi maupun situasi yang ada. Hal ini dikandung
maksud agar program kerja ini dapat dikembangkan secara fleksibel, dinamis,
efisien dan efektif tanpa keluar dari pokok program yang telah ditetapkan.
Kami menyadari bahwa program ini dapat diselesaikan atas kerjasama semua
pihak yang terkait. Karena itu kami sampaikan terima kasih atas segala bantuan
yang diberikan, semoga Tuhan memberikan imbalan dan balasan yang lebih baik.
Harapan kami kepada para pembaca semoga berkenan memberikan masukan yang
bersifat membangun demi kesempurnaan program ini.
Tasikmalaya, 19 Pebruari 2016
Kepala Sekolah
Dodo Suryawadi, S.Pd.I
NIP. 196403071989031003
DAFTAR ISI
Halaman
HALAMAN
JUDUL .......................................................................................................................................................
LEMBAR
PENGESAHAN ...........................................................................................................................................
KATA
PENGANTAR .....................................................................................................................................................
DAFTAR
ISI ...................................................................................................................................................................
BAB
I ........ PENDAHULUAN .....................................................................................................................................
A. Latar
Belakang ....................................................................................................................................
B. Landasan
..............................................................................................................................................
C. Visi,
Misi dan Kebijakan ....................................................................................................................
D.
Indikator Sasaran ...............................................................................................................................
E. Tujuan
Lembaga .................................................................................................................................
F. Tujuan
Penyusunan ............................................................................................................................
G. Tugas
dan Pokok Fungsi ....................................................................................................................
BAB
II ....... DATA SEKOLAH ....................................................................................................................................
A. Data
Sekolah .......................................................................................................................................
1. Data
Pendidik dan Tenaga Kependidikan ................................................................................
2. Data
Peserta Didik .........................................................................................................................
3. Data
Komite Sekolah ...................................................................................................................
4. Data
Sarana Prasarana ................................................................................................................
B. Hasil
Program Tahun Sebelumnya ..................................................................................................
1. Tingkat
Pencapaian Program ......................................................................................................
2. Prestasi
Yang Diperoleh ................................................................................................................
BAB
III ..... STRUKTUR ORGANISASI ...................................................................................................................
A. Struktur
Organisasi ..............................................................................................................................
B. Uraian
Tugas ........................................................................................................................................
BAB
IV ..... RENCANA KEGIATAN TAHUNAN MADRASAH .........................................................................
A. Rencana
Kerja Tahun 2016 .............................................................................................................
B. Jadwal
Kegiatan ..................................................................................................................................
BAB
V ....... ANGGARAN RENCANA KERJA
TAHUNAN MADRASAH TA. 2016 .......................................
BAB
VI ..... PENUTUP ..................................................................................................................................................
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional
(Permendiknas) Nomor 19 tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan menyebutkan
bahwa setiap sekolah harus menyusun rencana kerja sekolah yang terdiri dari
rencana kerja jangka menengah dan rencana kerja tahunan. Ketentuan tentang
rencana kerja jangka menengah yang selanjutnya disebut RKJM dan rencana kerja
tahunan yang selanjutnya disebut RKT ini diperkuat melalui Peraturan Pemerintah
nomor 17 tahun 2010 tentang pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan pada
Pasal 51, menyatakan bahwa satuan pendidikan usia dini, pendidikan dasar dan
menengah harus membuat kebijakan tentang perencanaan program dan pelaksanaannya
secara transparan dan akuntabel
Fungsi perencanaan dalam manajemen
pengelolaan satuan pendidikan diwujudkan dalam bentuk RKT yang mewakili rencana
kebijakan pengelolaan sekolah dalam kurun waktu satu tahun. Kurun waktu satu
tahun dimaksudkan untuk memberikan keleluasaan terhadap satuan pendidikan dalam
pengembangan institusi hingga tercapainya postur satuan pendidikan yang sejalan dengan visi dan misi MIN Sumelap
Kota Tasikmalaya.
Jika kita Mencermati
tujuan Pendidikan Nasional yang termuat dalam Undang-Undang Nomor: 20 Tahun
2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Nomor: 19 Tahun
2005 tentang Standar Pendidikan Nasional yang menempatkan program pendidikan di
urutan pertama.
Maka setiap lulusan
Madrasah diharapkan menjadi manusia yang cerdas, berakhlak mulia, yaitu manusia
yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur,
memiliki pengetahuan dan ketrampilan, serta sehat jamani dan rohani. Disamping
itu lulusan Madrasah diharapkan memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi
terhadap nusa dan bangsa.
Tujuan ini
merupakan dambaan setiap warga negara Indonesia pada umumnya, maupun masyarakat
Tasikmalaya pada khususnya. Meskipun harapan dan dambaan ini masih jauh, namun
demikian upaya-upaya mencapai tujuan tersebut harus selalu berjalan terus. Di
sisi lain tuntutan globalisasi membawa kita memasuki arus persaingan yang ketat
untuk memasuki bursa kerja.
Sementara itu
lulusan Madrasah juga diharapkan dapat melanjutkan pendidikan pada jenjang yang
lebih tinggi dengan bekal ketrampilan yang dimiliki dan cukup memadai.
Atas dasar inilah
setiap sekolah berkewajiban menyusun program kerja tahunan yang mampu menjawab berbagai
tantangan dalam mewujudkan dambaan masyarakat Indonesia pada umumnya dan
masyarakat sekitar kita pada khususnya. MIN
Sumelap pada tahun 2016 menyusun program kerja tahunan sebagaimana diuraikan
dalam Bab IV. Dengan harapan mampu menjawab tantangan yang selalu timbul di
dunia pendidikan saat ini maupun masa yang akan datang.
Agar program kerja
tahunan ini dapat berjalan sesuai harapan, semestinya memerlukan dukungan dari
segenap steakkholder madrasah. Dukungan ini diwujudkan ke dalam suatu team
work yang solid dan dilandasi dengan sikap saling asih, asah, dan asuh
serta saling percaya akan kelebihan masing – masing, serta memahami kekurangan
yang dimiliki dari masing-masing individu.
MIN Sumelap untuk senantiasa berusaha untuk
mengeksplorasi seluruh kemampuan dan sumber daya yang dimiliki oleh madrasah,
serta diharapkan mampu menjadi acuan dan pedoman bagi kami, dalam rangka
mencapai visi madrasah dengan merealisasikan misi yang sudah ditetapkan
sebelumnya dengan indikator yang jelas dan terukur.
B. Landasan
Sebagai landasan fundamental tempat
berpijak dalam penyusunan program kerja madrasah ini adalah:
1. Undang-undang RI nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan
Nasional.
2. Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional
Pendidikan.
3. Permendiknas Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan oleh
Satuan Pendidikan.
4. Visi dan Misi MIN Sumelap Kota Tasikmalaya.
5. Rencana Kerja Tahunan Madrasah MIN Sumelap Kota Tasikmalaya.
6. Ketetapan bersama Kepala Madrasah, Guru, dan Pengurus Komite.
C. Visi dan Misi
Organisasi
VISI :
”Mewujudkan Madrasah Ibtidaiyah Sebagai Pilihan Umat Yang
Berakhlaqul Karimah dan Siap Untuk Melanjutkan Pendidikan Ke Jenjang Yang Lebih
Tinggi ”
MISI:
1. Meningkatkan Mekanisme
Kerja
Adapun Sasaran Rencana
Kinerja Tahun 2015/2016 melalui Misi Kesatu
adalah :
-
Meningkatkan mekanisme kerja lintas sektoral dan
struktural
-
Meningkatkan mekanisme kerja di lingkungan madrasah
melalui kegiatan kelompok kerja madrasah dan kelompok kerja guru
-
Meningkatkan jalinan kerja sama dengan unsur tokoh
masyarakat serta lingkungan dan kultur madrasah
Kebijakan :
Mendakan Pengawasan,
Evaluasi, Penilaian melalui rapat koordinasi, Mengajukan Permohonan
Usulan-usulan, baik ke tingkat Kecamatan, Kota Propinsi maupun Pusat.
2. Meningkatkan Pelaksanaan
Kegiatan Belajar Mengajar
Sasaran Kinerja Misi
Kedua adalah Meningkatkan dan memantapkan pelaksanaan PBM, serta meningkatkan
dan memantapkan pelaksanaan pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan di Kanwil
Pusat juga pembinaan rutin yang diselenggarakan oleh Kandepag Kota dan KKM.
Kebijakan
:
-
Adanya Bimbingan Belajar Tambahan bagi Murid setiap 1x
seminggu untuk setiap mata pelajaran
-
Membuka Program Kegiatan Extra Kulikuler Olahraga, Seni
dan BTQ
-
Membina Murid Pilihan/Unggulan dari setiap kelas
-
Memberi kesempatan kepada Guru untuk mengikuti Program
Pendidikan Perkuliahan D.2, D.3, S.1 dan S.2 bagi Guru/TU yang belum
3. Meningkatkan Pelaksanaan
Administrasi
-
Meningkatkan dan Memantapkan Administrasi Kepala yang
dituangkan dalam Renstra dan Renja Administrasi Keuangan Rutin dengan
menggunakan SAI (Sistem Akuntansi Instansi) dan SIMAK-BMN
-
Meningkatkan Administrasi Kinerja Guru dalam Kurikulum
2006 serta Meningkatkan Administrasi
Kepegawaian, Kemuridan dan Administrasi Perlengkapan Kantor, melalui Pengawasan
atau Pemeriksaan Rutin Tahunan dan Laporan-laporan Triwulan, Semester dan
Tahunan
Kebijakan
:
-
Mengikuti Pembekalan, Pelatihan Administrasi Kantor
Keuangan, Perpustakaan dan Keguruan
-
Mengadakan Pemeriksaan/Pengawasan Rutin setiap Bulan,
Triwulan, Semester dan Admnistrasi Keuangan, Adminis trasi Guru, TU dan
Administrasi Kepegawaian
-
Membuat Laporan-laporan Kegiatan, Laporan Realisasi
setiap Per-bulan, Triwulanan,
Semesteran dan Tahunan (TU dan Bendahara)
-
Membuat Program Kerja (Prota dan Prosem) PH, Silabus, Rencana Pembelajaran dan Administrasi lainnya bagi
Guru
4. Meningkatkan dan
Mengembangkan Pemeliharaan serta
Pengembangan Sarana
Prasarana Pendidikan.
Meningkatkan Pemeliharaan
dan Pengembangan Sarpras melalui Kegiatan
Rehabilitasi Gedung, Sarana-sarana dan Penunjang lainnya, baik yang di danai
oleh APBN (DIPA) maupun dari Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS)
Kebijakan
:
-
Mengusulkan Permohonan Dana untuk Pembangunan,
Rehabilitasi serta Usulan-usulan untuk Pengadaan Sarana Inventaris Kantor dan
Ruang Belajar/Kelas dan Usulan untuk Pembebasan Tanah, sebagaimana terlampir
-
Mengadakan Musya warah dengan Komite Madrasah, para Tokoh
Masyarakat dan Orang Tua Murid
-
Merumuskan dan membahas RAPBM bersama-sama dengan
Kepala,Guru, TU dan Komite Madrasah
5. Meningkatkan
Kesejahteraan Pegawai untuk mengoptimalkan Volume Kegiatan
Kebijakan
:
Mengadakan
Pengusulan kepada Pemerintah dan Pengumpulan Dana melalui Komite Sekolah
6. Meningkatkan dan
Mengefektifkan Pelaksanaan Evaluasi Murid, Guru serta Staf TU
-
Mengadakan Evaluasi Belajar, Harian, Tengah Semester,
Akhir Semester dan Evaluasi Akhir Sekolah (US)
-
Mengubah Evaluasi Kinerja Guru, TU dan Bendahara
Kebijakan
Mengadakan Evaluasi secara rutin yang berkesinambungan
D. Indikator
Sasaran
1. 2.1 Misi Kesatu
Indikasinya adalah :
-
Kegiatan Program Kerja terarah dan terealisasi
-
Terpenuhinya kebutuhan sarana-prasarana
-
Partisipasi masyarakat dan lingkungan meningkat
-
Optimaslisasi pembagian tugas
2.
2.2 Misi Kedua
Indikasinya adalah :
-
SDM Guru dan Murid meningkat
-
Bakat, Minat Belajar Murid dapat diarahkan dan
dikembangkan
-
Membuka program kegiatan Extra Kulikuler (Olahraga dan
Seni)
3. Misi Ketiga
Indikasinya adalah :
-
Pelaksanaan
Pengawasan/Pemeriksaan Administrasi Keuangan Rutin dan BOS secara rutin dan
berkala
-
Fail
Data Kepegawaian tersusun lengkap
-
Fail
Data Keuangan tersusun lengkap
-
Fail Data Administrasi Kantor tersusun lengkap
-
Faial Data Kemuridan tersusun lengkap
-
Administrasi Kinerja Guru seluruhnya dilaksanakan
-
Administrasi Kinerja Kepala dibuat
-
Administrasi Kinerja TU dibuat
4. Misi Keempat
Indikasinya
adalah :
Terealisasinya
Usulan Kegiatan Pembangunan, Rehabilitasi, Pemeliharaan Ruang Belajar, Kantor,
WC, Perpustakaan, UKS, Lab Komputer, Perlengkapan Alat Olahraga, Alat Peraga
Bidang Study, Aula, Pelebaran Musholla, Ruang Kepala dan TU serta Pembangunan
Rumah Dinas
5. Misi Kelima
Indikasinya
adalah :
-
Memanfaatkan dna DIPA (APBN) untuk GTT dan Lembur bagi PNS
-
Tersedianya Fungsional dan BOS
-
Memprogramkan adanya THR melalui Koperasi Sekolah
-
Mengalokasikan untuk Al-Qur’an dan Kesejahteraan Akhir
Tahun Pelajaran bersamaan dengan Study Tour / Karyawisata
6. Misi Keenam
Indikasinya adalah :
-
Mengadakan Supervisi ke ruang kelas dan pelaksanaan
Penilaian Kinerja Kompetensi Guru melalui penyelenggaraan Prota, Prosem, Silabi
dan Renpeng
-
Terselenggaranya pelaksanaan Test Formatif, Sumatif dan
Ujian Akhir Sekolah
E. Tujuan
Lembaga
1.
Mampu Melaksanakan Syari’at Islam
2.
Memantapkan Mekanisme Kerja
3.
Meningkatkan SDM Guru dan Mengefektifkan Belajar Murid
4.
Mampu Melaksanakan KBM dan Administrasi Yang Efektif dan
Efisien
5.
Memelihara dan Mengembangkan Sarana dan Prasarana
Pendidikan
F. Tujuan
Penyusunan
Secara garis besar dapat dikemukakan bahwa
tujuan penyusunan program kerja MIN Sumelap Kota Tasikmalaya Tahun Pelajaran
2015/2016 ini dapat dikemukakan sebagai berikut:
1. Untuk menyatukan pandangan/cita-cita seluruh warga madrasah dalam
rangka meningkatkan mutu pendidikan;
2. Memudahkan dalam melaksanakan tugas pengelolaan sekolah sesuai
bidang masing-masing;
3. Memudahkan dalam melaksanakan evaluasi tugas yang telah berhasil
dicapai atau yang belum dicapai;
4. Sebagai tempat berpijak untuk kesinambungan pelaksanaan Program madrasah
pada tahun berikutnya;
5. Memberikan gambaran kondisi nyata saat ini dan kondisi yang
diharapkan dapat terwujud dalam waktu satu tahun ke depan;
6. Sebagai bentuk laporan kepada masyarakat dan pemangku kepentingan
yang membutuhkan;
7. Sebagai bahan kajian bagi pendidik dan atau tenaga kependidikan
baru yang ditempatkan di MIN Sumelap Kota Tasikmalaya;
8. Sebagai referensi bagi para peneliti yang ingin mengadakan
penelitian di MIN Sumelap.
G. Tugas dan Pokok Fungsi
1) Madrasah
Madrasah Ibtidaiyah Negeri
Sumelap diselenggarakan untuk Mengembangkan Sikap dan Kemampuan serta
Memberikan Pengetahuan dan Keterampilan Dasar yang diperlukan untuk hidup dalam
masyarakat serta Mempersiapkan Peserta Didik yang memenuhi persyaratan untuk
mengikuti pendidikan menengah.
2) Pegawai
Tujuan dan Tugas Pokok Fungsi Pegawai
Madrasah
Ibtidaiyah Negeri Sumelap :
1. Mampu Melaksanakan
Syari’at Islam
2. Memiliki Keterampilan
3. Membiasakan Hidup Sehat
Dalam Kehidupan Sehari-hari
4. Meningkatkan Pelaksanaan
KBM, Administrasi dan Memantapkan Mekanisme Kerja
5. Meningkatkan SDM Guru dan
Mengepektifkan Belajar Murid
BAB II
DATA SEKOLAH
A. Data
Sekolah
1. Jumlah pendidik
dan tenaga kependidikan menurut status kepegawaian dan jenis kelamin
No
|
Uraian
|
Status
|
Jenis Kelamin
|
||
PNS
|
Non PNS
|
Laki-laki
|
Perempuan
|
||
1
|
Kepala Sekolah
|
1
|
-
|
1
|
-
|
2
|
Guru Kelas
|
9
|
6
|
4
|
11
|
3
|
Guru PAI
|
1
|
-
|
1
|
-
|
4
|
Guru Bidang
|
3
|
-
|
-
|
3
|
5
|
Guru Penjaskes
|
1
|
-
|
-
|
1
|
6
|
Tenaga Perpustakaan
|
-
|
1
|
-
|
1
|
7
|
Penjaga Sekolah
|
-
|
1
|
1
|
-
|
8
|
Pramubakti (Satpam)
|
-
|
1
|
1
|
-
|
|
Jumlah
|
15
|
9
|
8
|
16
|
Tabel 1: Jumlah tenaga menurut status
kepegawaian dan jenis kelamin
2. Jumlah pendidik
dan tenaga kependidikan menurut tingkat pendidikan
No
|
Jabatan
|
S2
|
S1
|
D3
|
D2
|
SLTA
|
SLTP
|
JML
|
1
|
Kepala Sekolah
|
1
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
1
|
2
|
Guru Kelas
|
1
|
15
|
-
|
-
|
-
|
-
|
16
|
3
|
Guru PAI
|
-
|
1
|
-
|
-
|
-
|
-
|
1
|
4
|
Guru Bidang
|
-
|
3
|
-
|
-
|
-
|
-
|
3
|
5
|
Guru Penjas
|
-
|
1
|
-
|
-
|
-
|
-
|
1
|
6
|
Tenaga Perpustakaan
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
7
|
Penjaga
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
1
|
1
|
7
|
Pramubakti (Satpam)
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
1
|
1
|
|
Jumlah
|
2
|
20
|
-
|
-
|
-
|
2
|
24
|
Tabel 2: Jumlah tenaga menurut tingkat
pendidikan
3. Jumlah pendidik
dan tenaga kependidikan menurut masa kerja (tahun)
No
|
Jabatan
|
<5
|
5-10
|
10-15
|
15-20
|
20-25
|
25-30
|
>30
|
1
|
Kepala Sekolah
|
|
|
|
|
1
|
|
|
2
|
Guru Kelas
|
7
|
4
|
3
|
2
|
|
|
|
3
|
Guru PAI
|
|
|
1
|
|
|
|
|
4
|
Guru Bidang
|
|
|
2
|
1
|
|
|
|
5
|
Guru Penjas
|
|
|
1
|
|
|
|
|
6
|
Tenaga Perpustakaan
|
|
|
-
|
|
|
|
|
7
|
Penjaga
|
|
|
|
1
|
|
|
|
7
|
Pramubakti (Satpam)
|
|
1
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
7
|
5
|
7
|
4
|
1
|
|
|
Tabel 3: Jumlah tenaga menurut masa
kerja
4.
Data Peserta Didik
Jumlah peserta
pada tahun pelajaran 2015/2016
Kelas
|
Tahun Pelajaran 2015/2016
|
||
L
|
P
|
Jml
|
|
I
|
31
|
31
|
62
|
II
|
37
|
38
|
75
|
III
|
28
|
32
|
60
|
IV
|
30
|
35
|
60
|
V
|
26
|
34
|
60
|
VI
|
40
|
38
|
78
|
Jumlah
|
192
|
208
|
400
|
Tabel 4:
Jumlah peserta didik pada awal tahun pelajaran
5. Pengurus Komite
Sekolah
No
|
Nama
|
Pekerjaan
|
Jabatan
|
Keterangan
|
1
|
Drs.
H. Ruchiat Soepandi
|
Petani
|
Ketua
|
Tokoh
Masyarakat
|
2
|
Darjat
Sopiyulloh, S.Pd.I
|
PNS
|
Sekretaris
|
Guru
|
3
|
Haeruman
|
PNS
|
Bendahara
|
JFU
|
4
|
Aj.
Imron
|
Guru
Ngaji
|
Anggota
|
Tokoh
Masyarakat
|
5
|
Uup
Ipana, S.Pd.I
|
PNS
|
Anggota
|
Guru
|
6
|
Drs.
Kamaludin
|
Pensiunan
|
Anggota
|
Tokoh
Masyarakat
|
Tabel 5: Pengurus Komite Sekolah
6. Sarana dan
prasarana sekolah
Data Ruang
Nama Ruang
|
Kebutuhan
|
Yang ada
|
Baik
|
Rusak Sedang
|
Rusak Berat
|
Ruang Kelas
|
3
|
15
|
12
|
3
|
-
|
Ruang Guru
|
-
|
1
|
1
|
-
|
-
|
Ruang Kepala Sekolah
|
-
|
1
|
1
|
-
|
-
|
Ruang Perpustakaan
|
-
|
1
|
1
|
-
|
-
|
WC / Kamar mandi
|
3
|
7
|
4
|
3
|
-
|
Tabel 6: Tabel Data Ruang
7. Data Ruang Lain
yang dibutuhkan
Jenis Ruang
|
Jumlah
|
Ukuran
|
Keterangan
|
1. Gudang
|
1
|
2x4
|
Rusak Sedang
|
2. Dapur
|
-
|
-
|
Dibutuhkan
|
3. Ruang ganti pakaian
|
-
|
-
|
-
|
4. Ruang komputer
|
1
|
7x7
|
Baik
|
5. Mushola/tempat ibadah
|
1
|
7x5
|
Rusak Sedang
|
Tabel 7: Tabel Data Ruang Lain
8. Data Mebeler
Nama Ruang
|
Kebutuhan
|
Yang ada
|
Baik
|
Rusak Sedang
|
Rusak Berat
|
Meja Siswa
|
61
|
156
|
164
|
19
|
42
|
Kursi Siswa
|
150
|
475
|
225
|
100
|
150
|
Meja Guru di kelas
|
3
|
15
|
12
|
3
|
-
|
Kursi Guru di kelas
|
3
|
15
|
12
|
3
|
-
|
Meja guru di ruang guru
|
5
|
24
|
19
|
5
|
-
|
Kursi guru di ruang guru
|
5
|
24
|
19
|
5
|
-
|
Papan Tulis
|
5
|
15
|
11
|
4
|
-
|
Almari Kelas
|
10
|
15
|
7
|
-
|
8
|
Almari Kantor
|
5
|
8
|
4
|
-
|
4
|
Rak Buku
|
5
|
12
|
12
|
-
|
-
|
Loker
|
1
|
-
|
-
|
-
|
-
|
Tabel 8: Data mebeler
B. Hasil
Program Tahun Sebelumnya
1. Tingkat Pencapaian Program
No
|
Jenis
Kegiatan
|
Target
|
Pen
capaian
|
Kendala
|
Tindak
Lanjut
|
A
|
Pengembangan
Kompetensi Lulusan
|
|
|
|
|
|
1. Rata-rata nilai UN
|
|
|
|
|
|
2. Bidang Olahraga
|
|
|
|
|
|
3. Bidang seni budaya
|
|
|
|
|
B
|
Pengembangan
Kurikulum (Standar Isi)
|
|
|
|
|
|
1. Review KTSP
|
Terlaksana
review KTSP
|
|
|
|
|
2. Beban belajar peserta didik
|
Maksimal 40
jam/minggu
|
min: 31 jp
mak: 36 jp
|
Jumlah jam
pelajaran mata pelajaran untuk UN terlalu sedikit
|
Menambah jam
pembelajaran di luar jam wajib (les)
|
|
3. Pengembangan muatan lokal
|
Terlaksananya
muatan lokal pertanian
|
100%
|
|
|
|
4. Kalender akademik
|
Memiliki
kalender pendidikan yang disusun sekolah
|
100%
|
-
|
|
|
5. Buku referensi guru
|
Semua guru
memiliki buku referensi minimal 2 buku
|
75%
|
Kesulitan
memperoleh buku yang sesuai
|
|
|
6. Buku referensi peserta didik
|
Setiap peserta
didik memiliki buku B. Indonesia, IPA, Matematika, dan IPS
|
75%
|
Tidak cukup
biaya untuk memenuhi kebutuhan buku
|
Memenuhi secara
bertahap
|
|
7. Buku Lembar Kerja Siswa (LKS)
|
Setiap peserta
didik memiliki
|
50%
|
Dana yang ada
belum memadai untuk memenuhi semua kebutuhan
|
Pemenuhan
sebagian, 1 buku untuk 2 siswa
|
C.
|
Pengembangan
Proses Pembelajaran
|
|
|
|
|
|
1. Perangkat pembelajaran
|
100%
operasional
|
75%
|
Tidak lengkap
karena keterbatasan biaya yang ada
|
Menggunakan
daya yang ada secara maksimal
|
|
2. Rombongan belajar
|
6 rombel,
1 rombel
maksimal 28 peserta didik
|
5 rombel,
|
Kekurangan
jumlah siswa karena berada di daerah terpencil
|
Menerima
keadaan karena kondisi daerah yang tidak memungkinkan
|
|
3. Buku teks pelajaran
|
Rasio 1siswa 1
buku untuk semua mapel
|
65%
|
Keterbatasan
dana karena pendapatan hanya dari BOS
|
|
|
4. Pengelolaan pembelajaran
|
Semua guru
menguasai TIK
|
80%
|
Belum semua
guru memiliki sarana TIK
|
Mengikuti
pelatihan, KKG, dan workshop
|
|
5. Supervisi kunjungan kelas
|
Semua guru
1 minggu 1 guru
|
60%
|
Kepala Sekolah
terlalu padat kegiatan dan mengerjakan sistem pelaporan
|
Pekerjaan KS
yang bisa dikerjakan guru dibagikan kepada guru.
|
D.
|
Pengembangan
sistem penilaian
|
|
|
|
|
|
1. Instrumen penilaian
|
100%
|
80%
|
Kemampuan guru
belum optimal
|
Pembimbingan
guru
|
|
2. Ulangan harian
|
100%
|
100%
|
|
|
|
3. UTS
|
80%
|
85%
|
Motivasi dan
kemampuan dasar peserta didik masih rendah
|
Mengoptimalkan
pembimbingan
|
|
4. US
|
|
|
|
|
|
5. UN
|
|
|
|
|
|
6. Perbaikan dan pengayaan
|
100% terlaksana
|
85%
|
Padatnya
kegiatan yang harus dilaksanakan sehingga kegiatan pengayaan tidak selalu
dilaksanakan di sekolah
|
menggunakan
tugas mandiri, tugas terstruktur, dan tugas tidak terstruktur
|
E.
|
Pengembangan
Pendidik & Tenaga Kependidikan
|
|
|
|
|
|
1. Implementasi 12 budaya malu
|
Semua pegawai
dapat melaksanakan
|
85% d patuhi
|
Kendala jarak
jangkau sehingga belum sepenuhnya dapat dilaksanakan
|
Pembinaan
secara rutin, pemberian motivasi
|
|
2. Budaya dan etos kerja
|
Disiplin dan
mentalitas yang tinggi
|
85%
|
Masih ada
pegawai yang belum 100% mematuhi aturan kerja
|
Pembinaan
secara rutin
|
|
3. Kompetisi pedagogik dan profesional guru
|
Tinggi
|
50%
masih rendah
|
Kompetensi guru
masih
|
Mengadakan
pelatihan dan pembimbingan
|
|
4. Kompetensi manajerial Kepala Sekolah
|
Sesuai dengan
Kompetensi Kepala Sekolah
|
85%
|
Luasnya
kompetensi yang harus dikuasai, belum ada program induksi bagi kepala sekolah
|
Mengikuti
kegiatan KKKS BERMUTU, studi referensi dan studi banding ke sekolah lain
|
F.
|
Pengembangan
Sarana & Prasarana
|
|
|
|
|
|
1. Rasio kelas dengan rombel
|
Rasio 1:1
|
1 ruang kelas
untuk 1 rombel;
2 ruang kelas
untuk 4 rombel dengan cara di sekat
|
Pemerintah
belum sepenuhnya memperhatikan kebutuhan jumlah ruang kelas sesuai jumlah
rombel
|
Mengusulkan
tambahan ruang kelas
|
|
2. Ruang Kepsek
|
Minimal luas 12
M2
|
belum ada
|
Belum mampu
mengadakan secara swadaya, sementara bantuan dari pihak pemerintah belum
terkabulkan
|
Ruang KS
bersama dengan ruang guru
|
|
3. Ruang guru
|
Minimal luas 56
M2
|
Luas 49 M2,
belum lengkap
|
Belum semua
usulan direalisasi
|
Memanfaatkan
yang sudah ada secara maksimal
|
|
4. Ruang UKS
|
Minimal luas 16
M2
|
belum ada
|
belum memiliki
ruang UKS tersendiri
|
Masih
menggunakan ruang guru yang disekat.
|
|
5. Ruang Perpustakaan
|
Sudah ada
|
Kelengkapan
bubu belum optimal
|
Dana sekolah
msh minim, bntuan dr pmrnth blm direalisasi
|
Mengusulkan
pada pemerintah
|
|
6. Mushola
|
Minimal luas 72
M2
|
36 M2
|
Dana sekolah
msh mnim, bntuan dr pmrnth blm direalisasi
|
Mnggali brbgai
smber dana,trmsuk infak guru/peserta didik
|
|
7. Rasio WC/KM dengan rombel
|
Rasio 1:30
|
Rasio 1:50
|
Pemerintah
belum memenuhi kebutuhan sesuai dengan rasio.
|
Mengusulkan
pada pemerintah untuk ditambah.
|
|
8 Pagar keliling sekolah
|
12.50 meter
|
25 meter
|
Bantuan skrla
ortu msh rndh
|
Membangun scr
berthap
|
|
9. Talud & pagar pengaman
|
13.100 M2
|
50 M2
|
Bantuan skrla
ortu msh rndh
|
Membangun scr
berthap
|
|
10. Lapangan Upacara
|
100% selesai
|
0%
|
Dana sklah msh
minim,bantuan dr pmerntah blm drealisasi
|
|
|
11. Lap OR
|
Memiliki &
memadai
|
|
|
|
|
12. Dapur sekolah
|
Representatif
|
50%
|
Dana sekolah
blm mnckupi
|
|
|
13. Kantin sekolah
|
Bersih dan
memadai
|
50%
|
Pembinaan
sekolah sht blm intensif
|
Melakukan
pmbinaan kntin shat
|
|
14. Pengadaan alat OR
|
Sepak bola,
voli, senam lantai, atletik
|
50%
|
Dana sklah msh
minim, bantuan dr pmerntah blm drealisasi
|
Melengkapi
secara bertahap
|
|
15. Pengadaan alat kesenian
|
Peralatan
musik, seni rupa, drum band
|
50%
|
Dana sklah msh
minim,bantuan dr pmerntah blm drealisasi
|
Melengkapi
secara bertahap
|
|
16. Pengadaan sarana KBM
|
Media/alat
peraga pembelajaran
|
50%
|
Dana sekolah
masih minim, bantuan dari pemerintah blm direalisasi
|
Melengkapi scr
prioritas
|
|
27. Pemeliharaan halaman
|
75% terawat
|
50%
|
Dana sklah msh
minim, smbangan skarela ortu msh rendh
|
Melengkapi scr
bertahap
|
|
28. Pengadaan alat kantor
|
Telepon,
printer, komputer
|
Printer
|
Dana
trbatas,jaringan jringan tlpon kabel blm ada
|
Direncanakan
thn dpan,tlpon pakai seluker
|
G.
|
Pembinaan
Kesiswaan & Ekstrakurikuler
|
|
|
|
|
|
1. Penerimaan peserta didik baru(PPDB)
|
1.Minimal 30
peserta didik
|
1. 20 peserta
didik
|
1.Adanya
persaingan dg sekolah lain
|
1.Meningkatkn
citra sekolah & bkrjasma dg brbgai phak
|
|
2. Tata tertib peserta didik
|
Semua peserta
didik mematuhi peraturan sekolah
|
80% dipatuhi
|
Kesadaran
peserta didik masih rendah
|
Melaksanakan
pembiasaan secara rutin
|
|
3. Pemberdayaan kepramukaan
|
Mengikuti
seluruh even kepramukaan
|
75%
|
Sarana dan
prasarana belum memadai
|
Kualitas latihn
ditingkatkan
|
|
4. Lomba Siswa Berprestasi
|
Mengikuti
seluruh kegiatan
|
60%
|
Pembinaan
peserta didik belum intensif
|
Mngoptimalkan
kls intensif unggulan
|
|
5. Beasiswa & bantuan peserta didik miskin
|
100%
terakomodir
|
75%
|
Belum semua
siswa miskin terbantu secara penuh
|
Mengusulkan
penambahan kuota penerima bantuan
|
|
6. Penghargaan peserta didik berprestasi
|
100%
|
100%
|
|
|
|
7. Popda dan Pekan Seni
|
Finalis
|
Peserta
|
Pembianaan
peserta didik belum optimal
|
Melakukan
pembinaan secara intensif
|
H.
|
Pendidikan
karakter dan Budaya Banjarnegara
|
|
|
|
|
|
1. Pengamalan keagamaan & akhlak mulia
|
Pengamalan
agama & norma d sekolah tinggi
|
85%
|
1.Keteladanan
guru masih kurang
|
Pembinaan dan
keteladanan dari KS dan Guru
|
|
2. Penanaman disiplin dan budaya tertib
|
100%
|
80%
|
Kebiasaan jelek
dari masyarakat mempengaruhi peserta didik
|
Pembinaan
secara terus-menerus
|
|
3. Budaya hidup bersih
|
Lingkungan
bersih
|
75%
|
Kultur hdp
shat/brsh msh rendah
|
Pembinaan,
keteladanan dan reward
|
|
4. Keindahan & kerindangan sekolah
|
Taman &
pohon peneduh
|
50%
|
Dana &
kebiasaan merawt lngkungan msh rendah
|
Melengkpi scr
brthap & pmbnaan scr rtin
|
|
Keamanan &
kenyamanan belajar
|
Ada pagar
pengaman
|
|
Dana sekolah
masih belum mencukupi
|
Direncanakan
tahun berikutnya
|
|
Kekeluargaan
|
Akrab &
harmonis
|
|
Pembiasaan
hidup harmonis belum optimal
|
Pembinaan &
keteladanan
|
Tabel 9: Tingkat
Pencapaian Program
2.
Prestasi yang diperoleh (akademik dan non akademik)
![](file:///C:\Users\lenovo\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image004.gif)
![](file:///C:\Users\lenovo\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image006.gif)
Tabel 10:
Prestasi yang diperoleh
BAB III
STRUKTUR ORGANISASI SEKOLAH
A. Struktur
Ketenagaan
No
|
Jabatan
|
Nama
|
Pendidikan
|
Di
sekolah ini mulai
|
1
|
Kepala
Sekolah
|
Dodo
Suryawadi, S.Pd.I
|
S2
/ Akta IV
|
|
2
|
Guru
Kelas 1
|
Kokom
Komariah, S.Pd.I
|
S2
/ Akta IV
|
|
3
|
Guru
Kelas 2
|
Ulan
Siti Wulandari, S.Pd.I
|
S1
/ Akta IV
|
|
4
|
Guru
Kelas 3
|
Asep
Muhtar, A.Ma
|
S1
/ Akta IV
|
|
5
|
Guru
Kelas 4
|
Imas,
S.Pd.I
|
S1
/ Akta IV
|
|
6
|
Guru
Kelas 5
|
Uup
Ipana, S.Pd.I
|
S1
/ Akta IV
|
|
7
|
Guru
Kelas 6
|
Hj.
Entin, S.Ag
|
S1
/ Akta IV
|
|
8
|
Guru
PAI
|
Usep
Saepurohman, S.Ag
|
S1
/ Akta IV
|
|
9
|
Guru
Penjas
|
Yati
Rohayati, S.Pd
|
S1
/ Akta IV
|
|
10
|
Bendahara
Sekolah
|
Haeruman
|
S1
/ Akta IV
|
|
11
|
Tenaga
Perpustakaan
|
Teti
Nurhalimah, S.Sos
|
S1
|
|
12
|
Penjaga
Sekolah
|
Arif
|
SLTA
|
|
13
|
Pramubakti
(Satpam)
|
Aan
Isa Anshori
|
SLTA
|
|
Tabel 11:
Struktur Ketenagaan
B. Tugas dan tanggung jawab unsur ketenagaan
1. Kepala Sekolah
Kepala sekolah sebagai pengelola,
penanggung jawab, dan melaporkan seluruh kegiatan yang ada di sekolah kepada
masyarakat dan kepada dinas terkait secara herarkhis dan berkala.
2. Guru Kelas
Menyusun rencana pembelajaran, melaksanakan
pembelajaran, mengevaluasi proses pembelajaran, melaksanakan analisis dan tidak
lanjut proses pembelajaran, dan melaksanakan bimbingan dan konseling pada kelas
yang dibebankan serta melaporkan hasilnya kepada kepala sekolah secara berkala.
3. Guru Mata Pelajaran
Menyusun rencana pembelajaran, melaksanakan
pembelajaran, mengevaluasi proses pembelajaran, melaksanakan analisis serta
tidak lanjut proses pembelajaran pada mata pelajaran yang dibebankan serta
melaporkan kepada kepala sekolah secara berkala.
4. Bendahara Sekolah
Bendahara sekolah bersama-sama dengan
Kepala Sekolah menyusun Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah, mengelola keuangan
dan melaporkan kepada kepala sekolah dan kepada pihak terkait secara berkala
dan berkesinambungan.
5. Tenaga Perpustakaan
Tenaga Perpustakaan bertugas mengelola
perpustakaan da melaporkan kepada kepala sekolah secara berkala dan
berkesinambungan.
6. Penjaga Sekolah
Penjaga sekolah
bertugas menjaga keamanan sekolah, memelihara kondisi sekolah, memperbaiki
kerusakan ringan, menjaga kebersihan lingkungan sekolah.
BAB IV
PROGRAM KERJA / RENCANA KERJA
TAHUN 2016
(Terlampir)
![](file:///C:\Users\lenovo\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image008.gif)
![](file:///C:\Users\lenovo\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image010.gif)
BAB VI
PENUTUP
Berdasarkan
uraian di atas secara umum dapat disimpulkan bahwa Rencana Kerja Tahunan Madrasah
MIN Sumelap Kota Tasikmalaya Tahun 2016 merupakan unsur yang sangat penting
dalam pengelolaan sekolah untuk mencapai tujuan sekolah dan tujuan pendidikan
nasional.
Rencana kegiatan sekolah
yang telah tersusun ini hanya akan berjalan lancar bila ada dukungan penuh
semua pihak, baik kepala sekolah, guru, komite sekolah, dan stakeholder
yang ada. Oleh karena itu dukungan dan partisipasi aktif semua sangat
diharapkan agar MIN Sumelap Kota Tasikmalaya tetap jaya.
Pelaksanaan program kerja akan dapat berjalan sesuai dengan perencanaannya
perlu selalu diadakan monitoring dan evaluasi. Oleh karena itu bersama ini
disampaikan pula rencana monitoring dan evaluasi program kerja tahun 2015
1)
Program kerja yang bersifat insidental, dalam pelaksanaannya dibentuk
kepanitiaan secara incidental pula, dan dilakukan monitoring/evaluasi dilakukan
sejak awal kegiatan, sedang berjalan, maupun pada akhir kegiatan.
2)
Pada akhir tahun pelajaran akan diadakan evaluasi secara bersama-sama dan
sekaligus sebagai bahan untuk menyusun program kerja tahun berikutnya.
Sebaik apapun
program yang dibuat, tanpa partisipasi aktif dari komponen yang mendukungnya,
seperti guru, karyawan, peserta didik dan komite atau pemerintah maka program
kerja tersebut hanya tinggal tulisan
belaka. Karena itu hanya dengan kerjasama dan kerja keras dari
masing-masing
komponen yang ada, akan tercapai tujuan yang diinginkan.
Semoga dengan
adanya niat baik yang kita miliki dapat dijadikan modal yang utama dalam rangka
mencapai tujuan sekolah yang diinginkan.
Tasikmalaya, 19 Pebruari 2016
Kepala Sekolah
Dodo Suryawadi, S.Pd.I
NIP. 196403071989031003
LAMPIRAN-LAMPIRAN
1.
Struktur Organisasi
2.
SK Kepala Madrasah tentang
Pembentukan Komite Sekolah
3.
SK Kepala Tentang Struktur
Organisasi Komite Sekolah
4.
SK Kepala Tentang Penunjukan Wali
Kelas dan Pembagian Tugas Mengajar Serta SK Pembantu Kepala
5.
Tata Tertib Siswa dan Guru
6.
Denah MIN Sumelap Kota Tasikmalaya