Beranda

  • Masukan Deskripsi Gambar Slideshow Disini
  • Masukan Deskripsi Gambar Slideshow Disini
  • Masukan Deskripsi Gambar Slideshow Disini
  • Masukan Deskripsi Gambar Slideshow Disini
  • Masukan Deskripsi Gambar Slideshow Disini

Program Kerja




RENCANA KERJA TAHUNAN
MIN SUMELAP KOTA TASIKMALAYA
TAHUN 2016









MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI SUMELAP
KECAMATAN TAMANSARI KOTA TASIKMALAYA
TLP. 0265-341057 Kode Pos 46196




PENGESAHAN



RENCANA KERJA TAHUNAN
MIN SUMELAP KOTA TASIKMALAYA
TAHUN 2016

Disahkan
Pada Hari Jumat, 19 Februari 2016

Oleh:
                              Ketua Komite Sekolah                                                     Kepala Sekolah




                              Drs. Ruchiat Soepandi                                           Dodo Suryawadi, S.Pd,I
                                                                                                              NIP. 196403071989031003


Mengetahui
Kepala Kementerian Agama
Kota Tasikmalaya



Drs. H. Ahmad Patoni, MM 
NIP. 19680504 199203 1 003



KATA PENGANTAR


Segala puji bagi Allah SWT, Tuhan Yang Maha  Kuasa, atas segala karunia dan rahmat-Nya, sehingga Rencana Kerja Tahunan Madrasah MIN Sumelap Kota Tasikmalaya Tahun 2016 dapat terselesaikan dengan baik sesuai  yang direncanakan.
Penyusunan Rencana Kerja Tahuan Madrasah ini didasarkan atas kebutuhan dan harapan segenap warga madrasah beserta pemangku kepentingan (stakeholder) dalam mengelola MIN Sumelap Kota Tasikmalaya. Pertimbangan lain adalah bekerja dengan perencanaan yang jelas akan memudahkan pelaku kepentingan bekerja secara jelas pula dan lebih terarah. Berbeda jika bekerja tanpa perencanaan sama halnya menciptakan kegagalan akan menimbulkan benturan-benturan tugas atau tumpang tindihnya kegiatan.
Pengembangan program kerja sekolah disusun berdasarkan hasil evaluasi diri dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan (stakeholder) sekolah. Materi program kerja disusun secara garis besar, karena itu pelaksanaannya di lapangan disesuaikan dengan kondisi maupun situasi yang ada. Hal ini dikandung maksud agar program kerja ini dapat dikembangkan secara fleksibel, dinamis, efisien dan efektif tanpa keluar dari pokok program yang telah ditetapkan.
Kami menyadari bahwa program ini dapat diselesaikan atas kerjasama semua pihak yang terkait. Karena itu kami sampaikan terima kasih atas segala bantuan yang diberikan, semoga Tuhan memberikan imbalan dan balasan yang lebih baik.
Harapan kami kepada para pembaca semoga berkenan memberikan masukan yang bersifat membangun demi kesempurnaan program ini.

Tasikmalaya, 19 Pebruari 2016
Kepala Sekolah




Dodo Suryawadi, S.Pd.I
NIP. 196403071989031003





DAFTAR ISI

Halaman
HALAMAN JUDUL .......................................................................................................................................................             
LEMBAR PENGESAHAN ...........................................................................................................................................             

KATA PENGANTAR .....................................................................................................................................................             
DAFTAR ISI ...................................................................................................................................................................             

BAB I ........ PENDAHULUAN .....................................................................................................................................
A. Latar Belakang ....................................................................................................................................             
B. Landasan ..............................................................................................................................................             
C. Visi, Misi dan Kebijakan ....................................................................................................................             
D. Indikator Sasaran ...............................................................................................................................             
E. Tujuan Lembaga .................................................................................................................................             
F. Tujuan Penyusunan ............................................................................................................................             
G. Tugas dan Pokok Fungsi ....................................................................................................................             

BAB II ....... DATA SEKOLAH ....................................................................................................................................               
A. Data Sekolah .......................................................................................................................................             
1. Data Pendidik dan Tenaga Kependidikan ................................................................................             
2. Data Peserta Didik .........................................................................................................................             
3. Data Komite Sekolah ...................................................................................................................             
4. Data Sarana Prasarana ................................................................................................................             

B. Hasil Program Tahun Sebelumnya ..................................................................................................             
1. Tingkat Pencapaian Program ......................................................................................................             
2. Prestasi Yang Diperoleh ................................................................................................................             

BAB III ..... STRUKTUR ORGANISASI ...................................................................................................................             
A. Struktur Organisasi ..............................................................................................................................             
B. Uraian Tugas ........................................................................................................................................             

BAB IV ..... RENCANA KEGIATAN  TAHUNAN MADRASAH .........................................................................             
A. Rencana Kerja Tahun 2016 .............................................................................................................             
B. Jadwal Kegiatan ..................................................................................................................................             

BAB V ....... ANGGARAN RENCANA KERJA TAHUNAN MADRASAH TA. 2016 .......................................             

BAB VI ..... PENUTUP ..................................................................................................................................................             



BAB I
PENDAHULUAN



A.  Latar Belakang
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 19 tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan menyebutkan bahwa setiap sekolah harus menyusun rencana kerja sekolah yang terdiri dari rencana kerja jangka menengah dan rencana kerja tahunan. Ketentuan tentang rencana kerja jangka menengah yang selanjutnya disebut RKJM dan rencana kerja tahunan yang selanjutnya disebut RKT ini diperkuat melalui Peraturan Pemerintah nomor 17 tahun 2010 tentang pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan pada Pasal 51, menyatakan bahwa satuan pendidikan usia dini, pendidikan dasar dan menengah harus membuat kebijakan tentang perencanaan program dan pelaksanaannya secara transparan dan akuntabel
Fungsi perencanaan dalam manajemen pengelolaan satuan pendidikan diwujudkan dalam bentuk RKT yang mewakili rencana kebijakan pengelolaan sekolah dalam kurun waktu satu tahun. Kurun waktu satu tahun dimaksudkan untuk memberikan keleluasaan terhadap satuan pendidikan dalam pengembangan institusi hingga tercapainya postur satuan pendidikan yang sejalan dengan visi dan misi MIN Sumelap Kota Tasikmalaya.
Jika kita Mencermati tujuan Pendidikan Nasional yang termuat dalam Undang-Undang Nomor: 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Nomor: 19 Tahun 2005 tentang Standar Pendidikan Nasional yang menempatkan program pendidikan di urutan pertama.
Maka setiap lulusan Madrasah diharapkan menjadi manusia yang cerdas, berakhlak mulia, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan ketrampilan, serta sehat jamani dan rohani. Disamping itu lulusan Madrasah diharapkan memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi terhadap nusa dan bangsa.
Tujuan ini merupakan dambaan setiap warga negara Indonesia pada umumnya, maupun masyarakat Tasikmalaya pada khususnya. Meskipun harapan dan dambaan ini masih jauh, namun demikian upaya-upaya mencapai tujuan tersebut harus selalu berjalan terus. Di sisi lain tuntutan globalisasi membawa kita memasuki arus persaingan yang ketat untuk memasuki bursa kerja.
Sementara itu lulusan Madrasah juga diharapkan dapat melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi dengan bekal ketrampilan yang dimiliki dan cukup memadai.
Atas dasar inilah setiap sekolah berkewajiban menyusun program kerja tahunan yang mampu menjawab berbagai tantangan dalam mewujudkan dambaan masyarakat Indonesia pada umumnya dan masyarakat sekitar kita pada khususnya.  MIN Sumelap pada tahun 2016 menyusun program kerja tahunan sebagaimana diuraikan dalam Bab IV. Dengan harapan mampu menjawab tantangan yang selalu timbul di dunia pendidikan saat ini maupun masa yang akan datang.
Agar program kerja tahunan ini dapat berjalan sesuai harapan, semestinya memerlukan dukungan dari segenap steakkholder madrasah. Dukungan ini diwujudkan ke dalam suatu team work yang solid dan dilandasi dengan sikap saling asih, asah, dan asuh serta saling percaya akan kelebihan masing – masing, serta memahami kekurangan yang dimiliki dari masing-masing individu.
MIN Sumelap untuk senantiasa berusaha untuk mengeksplorasi seluruh kemampuan dan sumber daya yang dimiliki oleh madrasah, serta diharapkan mampu menjadi acuan dan pedoman bagi kami, dalam rangka mencapai visi madrasah dengan merealisasikan misi yang sudah ditetapkan sebelumnya dengan indikator yang jelas dan terukur.

B.  Landasan
Sebagai landasan fundamental tempat berpijak dalam penyusunan program kerja madrasah ini adalah:
1.   Undang-undang RI nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
2.   Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
3.   Permendiknas Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan oleh Satuan Pendidikan.
4.   Visi dan Misi MIN Sumelap Kota Tasikmalaya.
5.   Rencana Kerja Tahunan Madrasah MIN Sumelap Kota Tasikmalaya.
6.   Ketetapan bersama Kepala Madrasah, Guru, dan Pengurus Komite.

C.  Visi dan Misi Organisasi
VISI :

”Mewujudkan Madrasah Ibtidaiyah Sebagai Pilihan Umat Yang Berakhlaqul Karimah dan Siap Untuk Melanjutkan Pendidikan Ke Jenjang Yang Lebih Tinggi ”

MISI:
1.       Meningkatkan Mekanisme Kerja
Adapun Sasaran Rencana Kinerja Tahun 2015/2016 melalui Misi Kesatu adalah :
-        Meningkatkan mekanisme kerja lintas sektoral dan struktural
-        Meningkatkan mekanisme kerja di lingkungan madrasah melalui kegiatan kelompok kerja madrasah dan kelompok kerja guru
-        Meningkatkan jalinan kerja sama dengan unsur tokoh masyarakat serta lingkungan dan kultur madrasah

Kebijakan :
Mendakan Pengawasan, Evaluasi, Penilaian melalui rapat koordinasi, Mengajukan Permohonan Usulan-usulan, baik ke tingkat Kecamatan, Kota Propinsi maupun Pusat.

2.       Meningkatkan Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar
Sasaran Kinerja Misi Kedua adalah Meningkatkan dan memantapkan pelaksanaan PBM, serta meningkatkan dan memantapkan pelaksanaan pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan di Kanwil Pusat juga pembinaan rutin yang diselenggarakan oleh Kandepag Kota dan KKM.

Kebijakan :
-        Adanya Bimbingan Belajar Tambahan bagi Murid setiap 1x seminggu untuk setiap mata pelajaran
-        Membuka Program Kegiatan Extra Kulikuler Olahraga, Seni dan BTQ
-        Membina Murid Pilihan/Unggulan dari setiap kelas
-        Memberi kesempatan kepada Guru untuk mengikuti Program Pendidikan Perkuliahan D.2, D.3, S.1 dan S.2 bagi Guru/TU yang belum

3.       Meningkatkan Pelaksanaan Administrasi
-        Meningkatkan dan Memantapkan Administrasi Kepala yang dituangkan dalam Renstra dan Renja Administrasi Keuangan Rutin dengan menggunakan SAI (Sistem Akuntansi Instansi) dan SIMAK-BMN
-        Meningkatkan Administrasi Kinerja Guru dalam Kurikulum 2006 serta Meningkatkan Administrasi Kepegawaian, Kemuridan dan Administrasi Perlengkapan Kantor, melalui Pengawasan atau Pemeriksaan Rutin Tahunan dan Laporan-laporan Triwulan, Semester dan Tahunan

Kebijakan :
-        Mengikuti Pembekalan, Pelatihan Administrasi Kantor Keuangan, Perpustakaan dan Keguruan
-        Mengadakan Pemeriksaan/Pengawasan Rutin setiap Bulan, Triwulan, Semester dan Admnistrasi Keuangan, Adminis trasi Guru, TU dan Administrasi Kepegawaian
-        Membuat Laporan-laporan Kegiatan, Laporan Realisasi setiap Per-bulan, Triwulanan, Semesteran dan Tahunan (TU dan Bendahara)
-        Membuat Program Kerja (Prota dan Prosem) PH, Silabus, Rencana Pembelajaran dan Administrasi lainnya bagi Guru

4.       Meningkatkan dan Mengembangkan Pemeliharaan serta
Pengembangan Sarana Prasarana Pendidikan.
Meningkatkan Pemeliharaan dan Pengembangan Sarpras melalui Kegiatan Rehabilitasi Gedung, Sarana-sarana dan Penunjang lainnya, baik yang di danai oleh APBN (DIPA) maupun dari Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS)


Kebijakan :
-        Mengusulkan Permohonan Dana untuk Pembangunan, Rehabilitasi serta Usulan-usulan untuk Pengadaan Sarana Inventaris Kantor dan Ruang Belajar/Kelas dan Usulan untuk Pembebasan Tanah, sebagaimana terlampir
-        Mengadakan Musya warah dengan Komite Madrasah, para Tokoh Masyarakat dan Orang Tua Murid
-        Merumuskan dan membahas RAPBM bersama-sama dengan Kepala,Guru, TU dan Komite Madrasah

5.       Meningkatkan Kesejahteraan Pegawai untuk mengoptimalkan Volume Kegiatan

Kebijakan :
Mengadakan Pengusulan kepada Pemerintah dan Pengumpulan Dana melalui Komite Sekolah

6.       Meningkatkan dan Mengefektifkan Pelaksanaan Evaluasi Murid, Guru serta Staf TU
-        Mengadakan Evaluasi Belajar, Harian, Tengah Semester, Akhir Semester dan Evaluasi Akhir Sekolah (US)
-        Mengubah Evaluasi Kinerja Guru, TU dan Bendahara

Kebijakan
Mengadakan Evaluasi secara rutin yang berkesinambungan

D.  Indikator Sasaran
1.       2.1 Misi Kesatu
Indikasinya adalah :
-        Kegiatan Program Kerja terarah dan terealisasi
-        Terpenuhinya kebutuhan sarana-prasarana
-        Partisipasi masyarakat dan lingkungan meningkat
-        Optimaslisasi pembagian tugas

2.       2.2 Misi Kedua
Indikasinya adalah :
-        SDM Guru dan Murid meningkat
-        Bakat, Minat Belajar Murid dapat diarahkan dan dikembangkan
-        Membuka program kegiatan Extra Kulikuler (Olahraga dan Seni)

3.       Misi Ketiga
Indikasinya adalah :
-        Pelaksanaan Pengawasan/Pemeriksaan Administrasi Keuangan Rutin dan BOS secara rutin dan berkala
-        Fail Data Kepegawaian tersusun lengkap
-        Fail Data Keuangan tersusun lengkap
-        Fail Data Administrasi Kantor tersusun lengkap
-        Faial Data Kemuridan tersusun lengkap
-        Administrasi Kinerja Guru seluruhnya dilaksanakan
-        Administrasi Kinerja Kepala dibuat
-        Administrasi Kinerja TU dibuat

4.       Misi Keempat
Indikasinya adalah :
Terealisasinya Usulan Kegiatan Pembangunan, Rehabilitasi, Pemeliharaan Ruang Belajar, Kantor, WC, Perpustakaan, UKS, Lab Komputer, Perlengkapan Alat Olahraga, Alat Peraga Bidang Study, Aula, Pelebaran Musholla, Ruang Kepala dan TU serta Pembangunan Rumah Dinas

5.       Misi Kelima
Indikasinya adalah :
-        Memanfaatkan dna DIPA (APBN) untuk GTT dan Lembur bagi PNS
-        Tersedianya Fungsional dan BOS
-        Memprogramkan adanya THR melalui Koperasi Sekolah
-        Mengalokasikan untuk Al-Qur’an dan Kesejahteraan Akhir Tahun Pelajaran bersamaan dengan Study Tour / Karyawisata

6.       Misi Keenam
Indikasinya adalah :
-        Mengadakan Supervisi ke ruang kelas dan pelaksanaan Penilaian Kinerja Kompetensi Guru melalui penyelenggaraan Prota, Prosem, Silabi dan Renpeng
-        Terselenggaranya pelaksanaan Test Formatif, Sumatif dan Ujian Akhir Sekolah

E.  Tujuan Lembaga
1.         Mampu Melaksanakan Syari’at Islam
2.         Memantapkan Mekanisme Kerja
3.         Meningkatkan SDM Guru dan Mengefektifkan Belajar Murid
4.         Mampu Melaksanakan KBM dan Administrasi Yang Efektif dan Efisien
5.         Memelihara dan Mengembangkan Sarana dan Prasarana Pendidikan

F.   Tujuan Penyusunan
Secara garis besar dapat dikemukakan bahwa tujuan penyusunan program kerja MIN Sumelap Kota Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2015/2016 ini dapat dikemukakan sebagai berikut:
1.   Untuk menyatukan pandangan/cita-cita seluruh warga madrasah dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan;
2.   Memudahkan dalam melaksanakan tugas pengelolaan sekolah sesuai bidang masing-masing;
3.   Memudahkan dalam melaksanakan evaluasi tugas yang telah berhasil dicapai atau yang belum dicapai;
4.   Sebagai tempat berpijak untuk kesinambungan pelaksanaan Program madrasah pada tahun berikutnya;
5.   Memberikan gambaran kondisi nyata saat ini dan kondisi yang diharapkan dapat terwujud dalam waktu satu tahun ke depan;
6.   Sebagai bentuk laporan kepada masyarakat dan pemangku kepentingan yang membutuhkan;
7.   Sebagai bahan kajian bagi pendidik dan atau tenaga kependidikan baru yang ditempatkan di MIN Sumelap Kota Tasikmalaya;
8.   Sebagai referensi bagi para peneliti yang ingin mengadakan penelitian di MIN Sumelap.

G. Tugas dan Pokok Fungsi
1) Madrasah
Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sumelap diselenggarakan untuk Mengembangkan Sikap dan Kemampuan serta Memberikan Pengetahuan dan Keterampilan Dasar yang diperlukan untuk hidup dalam masyarakat serta Mempersiapkan Peserta Didik yang memenuhi persyaratan untuk mengikuti pendidikan menengah.

2) Pegawai
Tujuan dan Tugas Pokok Fungsi Pegawai Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sumelap :
1.     Mampu Melaksanakan Syari’at Islam
2.     Memiliki Keterampilan
3.     Membiasakan Hidup Sehat Dalam Kehidupan Sehari-hari
4.     Meningkatkan Pelaksanaan KBM, Administrasi dan Memantapkan Mekanisme Kerja
5.     Meningkatkan SDM Guru dan Mengepektifkan Belajar Murid


BAB II
DATA SEKOLAH
A.     Data Sekolah
1.       Jumlah pendidik dan tenaga kependidikan menurut status kepegawaian dan jenis kelamin 
No
Uraian
Status
Jenis Kelamin
PNS
Non PNS
Laki-laki
Perempuan
1
Kepala Sekolah
1
-
1
-
2
Guru Kelas
9
6
4
11
3
Guru PAI
1
-
1
-
4
Guru Bidang
3
-
-
3
5
Guru Penjaskes
1
-
-
1
6
Tenaga Perpustakaan
-
1
-
1
7
Penjaga Sekolah
-
1
1
-
8
Pramubakti (Satpam)
-
1
1
-

Jumlah
15
9
8
16
Tabel 1: Jumlah tenaga menurut status kepegawaian dan jenis kelamin

2.       Jumlah pendidik dan tenaga kependidikan menurut tingkat pendidikan
No
Jabatan
S2
S1
D3
D2
SLTA
SLTP
JML
1
Kepala Sekolah
1
-
-
-
-
-
1
2
Guru Kelas
1
15
-
-
-
-
16
3
Guru PAI
-
1
-
-
-
-
1
4
Guru Bidang
-
3
-
-
-
-
3
5
Guru Penjas
-
1
-
-
-
-
1
6
Tenaga Perpustakaan
-
-
-
-
-
-
-
7
Penjaga
-
-
-
-
-
1
1
7
Pramubakti (Satpam)
-
-
-
-
-
1
1

Jumlah
2
20
-
-
-
2
24
Tabel 2: Jumlah tenaga menurut tingkat pendidikan 

3.       Jumlah pendidik dan tenaga kependidikan menurut masa kerja (tahun)
No
Jabatan
<5
5-10
10-15
15-20
20-25
25-30
>30
1
Kepala Sekolah




1


2
Guru Kelas
7
4
3
2



3
Guru PAI


1




4
Guru Bidang


2
1



5
Guru Penjas


1




6
Tenaga Perpustakaan


-




7
Penjaga



1



7
Pramubakti (Satpam)

1






Jumlah
7
5
7
4
1


Tabel 3: Jumlah tenaga menurut masa kerja 

4.       Data Peserta Didik
Jumlah peserta pada tahun pelajaran 2015/2016  
Kelas
Tahun Pelajaran 2015/2016
L
P
Jml
I
31
31
62
II
37
38
75
III
28
32
60
IV
30
35
60
V
26
34
60
VI
40
38
78
Jumlah
192
208
400
Tabel 4:  Jumlah peserta didik pada awal tahun pelajaran

5.       Pengurus Komite Sekolah
No
Nama
Pekerjaan
Jabatan
Keterangan
1
Drs. H. Ruchiat Soepandi
Petani
Ketua
Tokoh Masyarakat
2
Darjat Sopiyulloh, S.Pd.I
PNS
Sekretaris
Guru
3
Haeruman
PNS
Bendahara
JFU
4
Aj. Imron
Guru Ngaji
Anggota
Tokoh Masyarakat
5
Uup Ipana, S.Pd.I
PNS
Anggota
Guru
6
Drs. Kamaludin
Pensiunan
Anggota
Tokoh Masyarakat
Tabel 5: Pengurus Komite Sekolah

6.       Sarana dan prasarana sekolah
Data Ruang 
Nama Ruang
Kebutuhan
Yang ada
Baik
Rusak Sedang
Rusak Berat
Ruang Kelas
3
15
12
3
-
Ruang Guru
-
1
1
-
-
Ruang Kepala Sekolah
-
1
1
-
-
Ruang Perpustakaan
-
1
1
-
-
WC / Kamar mandi
3
7
4
3
-
Tabel 6: Tabel Data Ruang

7.       Data Ruang Lain yang dibutuhkan
Jenis Ruang
Jumlah
Ukuran
Keterangan
1. Gudang
1
2x4
Rusak Sedang
2. Dapur
-
-
Dibutuhkan
3. Ruang ganti pakaian
-
-
-
4. Ruang komputer 
1
7x7
Baik
5. Mushola/tempat ibadah
1
7x5
Rusak Sedang
Tabel 7: Tabel Data Ruang Lain

8.       Data Mebeler   
Nama Ruang
Kebutuhan
Yang ada
Baik
Rusak Sedang
Rusak Berat
Meja Siswa
61
156
164
19
42
Kursi Siswa
150
475
225
100
150
Meja Guru di kelas
3
15
12
3
-
Kursi Guru di kelas
3
15
12
3
-
Meja guru di ruang guru
5
24
19
5
-
Kursi guru di ruang guru
5
24
19
5
-
Papan Tulis
5
15
11
4
-
Almari Kelas
10
15
7
-
8
Almari Kantor
5
8
4
-
4
Rak Buku
5
12
12
-
-
Loker
1
-
-
-
-
Tabel 8: Data mebeler 

B.     Hasil Program Tahun Sebelumnya
1.   Tingkat Pencapaian Program
No
Jenis Kegiatan
Target
Pen
capaian
Kendala
Tindak Lanjut
A
Pengembangan Kompetensi Lulusan





1.   Rata-rata nilai UN





2.   Bidang Olahraga





3.   Bidang seni budaya




B
Pengembangan Kurikulum (Standar Isi)





1.   Review KTSP
Terlaksana review KTSP




2.   Beban belajar peserta didik
Maksimal 40 jam/minggu
min: 31 jp
mak: 36 jp
Jumlah jam pelajaran mata pelajaran untuk UN terlalu sedikit
Menambah jam pembelajaran di luar jam wajib (les)

3.   Pengembangan muatan lokal
Terlaksananya muatan lokal pertanian
100%



4.   Kalender akademik
Memiliki kalender pendidikan yang disusun sekolah
100%
-


5.   Buku referensi guru
Semua guru memiliki buku referensi minimal 2 buku
75%
Kesulitan memperoleh buku yang sesuai


6.   Buku referensi peserta didik
Setiap peserta didik memiliki buku B. Indonesia, IPA, Matematika, dan IPS
75%
Tidak cukup biaya untuk memenuhi kebutuhan buku
Memenuhi secara bertahap

7.   Buku Lembar Kerja Siswa (LKS)
Setiap peserta didik memiliki
50%
Dana yang ada belum memadai untuk memenuhi semua kebutuhan
Pemenuhan sebagian, 1 buku untuk 2 siswa
C.
Pengembangan Proses Pembelajaran





1.   Perangkat pembelajaran
100% operasional
75%
Tidak lengkap karena keterbatasan biaya yang ada
Menggunakan daya yang ada secara maksimal

2.   Rombongan belajar
6 rombel,
1 rombel maksimal 28 peserta didik
5 rombel,
Kekurangan jumlah siswa karena berada di daerah terpencil
Menerima keadaan karena kondisi daerah yang tidak memungkinkan

3.   Buku teks pelajaran
Rasio 1siswa 1 buku untuk semua mapel
65%
Keterbatasan dana karena pendapatan hanya dari BOS


4.   Pengelolaan pembelajaran
Semua guru menguasai TIK
80%
Belum semua guru memiliki sarana TIK
Mengikuti pelatihan, KKG, dan workshop

5.   Supervisi kunjungan kelas
Semua guru
1 minggu 1 guru
60%
Kepala Sekolah terlalu padat kegiatan dan mengerjakan sistem pelaporan
Pekerjaan KS yang bisa dikerjakan guru dibagikan kepada guru.
D.
Pengembangan sistem penilaian





1.   Instrumen penilaian
100%
80%
Kemampuan guru belum optimal

Pembimbingan guru

2.   Ulangan harian
100%
100%





3.   UTS
80%
85%
Motivasi dan kemampuan dasar peserta didik masih rendah
Mengoptimalkan pembimbingan

4.   US








5.   UN








6.   Perbaikan dan pengayaan
100% terlaksana
85%
Padatnya kegiatan yang harus dilaksanakan sehingga kegiatan pengayaan tidak selalu dilaksanakan di sekolah
menggunakan tugas mandiri, tugas terstruktur, dan tugas tidak terstruktur
E.
Pengembangan Pendidik & Tenaga Kependidikan





1.   Implementasi 12 budaya malu
Semua pegawai dapat melaksanakan
85% d patuhi
Kendala jarak jangkau sehingga belum sepenuhnya dapat dilaksanakan
Pembinaan secara rutin, pemberian motivasi

2.   Budaya dan etos kerja
Disiplin dan mentalitas yang  tinggi
85%
Masih ada pegawai yang belum 100% mematuhi aturan kerja
Pembinaan secara rutin

3.   Kompetisi pedagogik dan profesional guru
Tinggi
50%
masih rendah
Kompetensi guru masih
Mengadakan pelatihan dan pembimbingan

4.   Kompetensi manajerial Kepala Sekolah
Sesuai dengan Kompetensi Kepala Sekolah
85%
Luasnya kompetensi yang harus dikuasai, belum ada program induksi bagi kepala sekolah
Mengikuti kegiatan KKKS BERMUTU, studi referensi dan studi banding ke sekolah lain
F.
Pengembangan Sarana & Prasarana





1.   Rasio kelas dengan rombel
Rasio 1:1
1 ruang kelas untuk 1 rombel;
2 ruang kelas untuk 4 rombel dengan cara di sekat
Pemerintah belum sepenuhnya memperhatikan kebutuhan jumlah ruang kelas sesuai jumlah rombel
Mengusulkan tambahan ruang kelas

2.   Ruang Kepsek
Minimal luas 12 M2
belum ada
Belum mampu mengadakan secara swadaya, sementara bantuan dari pihak pemerintah belum terkabulkan
Ruang KS bersama dengan ruang guru

3.   Ruang guru
Minimal luas 56 M2
Luas 49 M2, belum lengkap
Belum semua usulan direalisasi
Memanfaatkan yang sudah ada secara maksimal

4.   Ruang UKS
Minimal luas 16 M2
belum ada
belum memiliki ruang UKS tersendiri
Masih menggunakan ruang guru yang disekat.

5.   Ruang Perpustakaan
Sudah ada
Kelengkapan bubu belum optimal
Dana sekolah msh minim, bntuan dr pmrnth blm direalisasi
Mengusulkan pada pemerintah

6.   Mushola
Minimal luas 72 M2
36 M2
Dana sekolah msh mnim, bntuan dr pmrnth blm direalisasi
Mnggali brbgai smber dana,trmsuk infak guru/peserta didik

7.   Rasio WC/KM dengan rombel
Rasio 1:30
Rasio 1:50
Pemerintah belum memenuhi kebutuhan sesuai dengan rasio.
Mengusulkan pada pemerintah untuk ditambah.

8    Pagar keliling sekolah
12.50 meter
25 meter
Bantuan skrla ortu msh rndh
Membangun scr berthap

9.   Talud & pagar pengaman
13.100 M2
50 M2
Bantuan skrla ortu msh rndh
Membangun scr berthap

10. Lapangan Upacara
100% selesai
0%
Dana sklah msh minim,bantuan dr pmerntah blm drealisasi


11. Lap OR
Memiliki & memadai




12. Dapur sekolah
Representatif
50%
Dana sekolah blm mnckupi


13. Kantin sekolah
Bersih dan memadai
50%
Pembinaan sekolah sht blm intensif
Melakukan pmbinaan kntin shat

14. Pengadaan alat OR
Sepak bola, voli, senam lantai, atletik
50%
Dana sklah msh minim, bantuan dr pmerntah blm drealisasi
Melengkapi secara bertahap

15. Pengadaan alat kesenian
Peralatan musik, seni rupa, drum band
50%
Dana sklah msh minim,bantuan dr pmerntah blm drealisasi
Melengkapi secara bertahap

16. Pengadaan sarana KBM
Media/alat peraga pembelajaran
50%
Dana sekolah masih minim, bantuan dari pemerintah blm direalisasi
Melengkapi scr prioritas

27. Pemeliharaan halaman
75% terawat
50%
Dana sklah msh minim, smbangan skarela ortu msh rendh
Melengkapi scr bertahap

28. Pengadaan alat kantor
Telepon, printer, komputer
Printer
Dana trbatas,jaringan jringan tlpon kabel blm ada
Direncanakan thn dpan,tlpon pakai seluker
G.
Pembinaan Kesiswaan & Ekstrakurikuler





1.   Penerimaan peserta didik baru(PPDB)
1.Minimal 30 peserta didik
1. 20 peserta didik
1.Adanya persaingan dg sekolah lain
1.Meningkatkn citra sekolah & bkrjasma dg brbgai phak

2.   Tata tertib peserta didik
Semua peserta didik mematuhi peraturan sekolah
80% dipatuhi
Kesadaran peserta didik masih rendah
Melaksanakan pembiasaan secara rutin

3.   Pemberdayaan kepramukaan
Mengikuti seluruh even kepramukaan
75%
Sarana dan prasarana belum memadai
Kualitas latihn ditingkatkan

4.   Lomba Siswa Berprestasi
Mengikuti seluruh kegiatan
60%
Pembinaan peserta didik belum intensif
Mngoptimalkan kls intensif unggulan

5.   Beasiswa & bantuan peserta didik miskin
100% terakomodir
75%
Belum semua siswa miskin terbantu secara penuh
Mengusulkan penambahan kuota penerima bantuan

6.   Penghargaan peserta didik berprestasi
100%
100%



7.   Popda dan Pekan Seni
Finalis
Peserta
Pembianaan peserta didik belum optimal
Melakukan pembinaan secara intensif
H.
Pendidikan karakter dan Budaya Banjarnegara





1.   Pengamalan keagamaan & akhlak mulia
Pengamalan agama & norma d sekolah tinggi
85%
1.Keteladanan guru masih kurang
Pembinaan dan keteladanan dari KS dan Guru

2.   Penanaman disiplin dan budaya tertib
100%
80%
Kebiasaan jelek dari masyarakat mempengaruhi peserta didik
Pembinaan secara terus-menerus

3.   Budaya hidup bersih
Lingkungan bersih
75%
Kultur hdp shat/brsh msh rendah
Pembinaan, keteladanan dan reward

4.   Keindahan & kerindangan sekolah
Taman & pohon peneduh
50%
Dana & kebiasaan merawt lngkungan msh rendah
Melengkpi scr brthap & pmbnaan scr rtin

Keamanan & kenyamanan belajar
Ada pagar pengaman

Dana sekolah masih belum mencukupi
Direncanakan tahun berikutnya

Kekeluargaan
Akrab & harmonis

Pembiasaan hidup harmonis belum optimal
Pembinaan & keteladanan
Tabel 9: Tingkat Pencapaian Program

2.         Prestasi yang diperoleh (akademik dan non akademik)

Tabel 10: Prestasi yang diperoleh

BAB III
STRUKTUR ORGANISASI SEKOLAH

A.     Struktur Ketenagaan 
No
Jabatan
Nama
Pendidikan
Di sekolah ini mulai
1
Kepala Sekolah
Dodo Suryawadi, S.Pd.I
S2 / Akta IV

2
Guru Kelas 1
Kokom Komariah, S.Pd.I
S2 / Akta IV

3
Guru Kelas 2
Ulan Siti Wulandari, S.Pd.I
S1 / Akta IV

4
Guru Kelas 3
Asep Muhtar, A.Ma
S1 / Akta IV

5
Guru Kelas 4
Imas, S.Pd.I
S1 / Akta IV

6
Guru Kelas 5
Uup Ipana, S.Pd.I
S1 / Akta IV

7
Guru Kelas 6
Hj. Entin, S.Ag
S1 / Akta IV

8
Guru PAI
Usep Saepurohman, S.Ag
S1 / Akta IV

9
Guru Penjas
Yati Rohayati, S.Pd
S1 / Akta IV

10
Bendahara Sekolah
Haeruman
S1 / Akta IV

11
Tenaga Perpustakaan
Teti Nurhalimah, S.Sos
S1

12
Penjaga Sekolah
Arif
SLTA

13
Pramubakti (Satpam)
Aan Isa Anshori
SLTA

Tabel 11: Struktur Ketenagaan

B.     Tugas dan tanggung jawab unsur ketenagaan
1.   Kepala Sekolah
Kepala sekolah sebagai pengelola, penanggung jawab, dan melaporkan seluruh kegiatan yang ada di sekolah kepada masyarakat dan kepada dinas terkait secara herarkhis dan berkala.
2.   Guru Kelas
Menyusun rencana pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, mengevaluasi proses pembelajaran, melaksanakan analisis dan tidak lanjut proses pembelajaran, dan melaksanakan bimbingan dan konseling pada kelas yang dibebankan serta melaporkan hasilnya kepada kepala sekolah secara berkala.
3.   Guru Mata Pelajaran
Menyusun rencana pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, mengevaluasi proses pembelajaran, melaksanakan analisis serta tidak lanjut proses pembelajaran pada mata pelajaran yang dibebankan serta melaporkan kepada kepala sekolah secara berkala.
4.   Bendahara Sekolah
Bendahara sekolah bersama-sama dengan Kepala Sekolah menyusun Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah, mengelola keuangan dan melaporkan kepada kepala sekolah dan kepada pihak terkait secara berkala dan berkesinambungan.
5.   Tenaga Perpustakaan
Tenaga Perpustakaan bertugas mengelola perpustakaan da melaporkan kepada kepala sekolah secara berkala dan berkesinambungan.
6.   Penjaga Sekolah
Penjaga sekolah bertugas menjaga keamanan sekolah, memelihara kondisi sekolah, memperbaiki kerusakan ringan, menjaga kebersihan lingkungan sekolah.



BAB IV
PROGRAM KERJA / RENCANA KERJA
TAHUN 2016
(Terlampir)


BAB VI
PENUTUP


Berdasarkan uraian di atas secara umum dapat disimpulkan bahwa Rencana Kerja Tahunan Madrasah MIN Sumelap Kota Tasikmalaya Tahun 2016 merupakan unsur yang sangat penting dalam pengelolaan sekolah untuk mencapai tujuan sekolah dan tujuan pendidikan nasional.
Rencana kegiatan sekolah yang telah tersusun ini hanya akan berjalan lancar bila ada dukungan penuh semua pihak, baik kepala sekolah, guru, komite sekolah, dan stakeholder yang ada. Oleh karena itu dukungan dan partisipasi aktif semua sangat diharapkan agar MIN Sumelap Kota Tasikmalaya tetap jaya.
Pelaksanaan program kerja akan dapat berjalan sesuai dengan perencanaannya perlu selalu diadakan monitoring dan evaluasi. Oleh karena itu bersama ini disampaikan pula rencana monitoring dan evaluasi program kerja tahun 2015
1)     Program kerja yang bersifat insidental, dalam pelaksanaannya dibentuk kepanitiaan secara incidental pula, dan dilakukan monitoring/evaluasi dilakukan sejak awal kegiatan, sedang berjalan, maupun pada akhir kegiatan.
2)     Pada akhir tahun pelajaran akan diadakan evaluasi secara bersama-sama dan sekaligus sebagai bahan untuk menyusun program kerja tahun berikutnya.
Sebaik apapun program yang dibuat, tanpa partisipasi aktif dari komponen yang mendukungnya, seperti guru, karyawan, peserta didik dan komite atau pemerintah maka program kerja tersebut hanya tinggal  tulisan belaka. Karena itu hanya dengan kerjasama dan kerja keras dari masing-masing komponen yang ada, akan tercapai tujuan yang diinginkan.
Semoga dengan adanya niat baik yang kita miliki dapat dijadikan modal yang utama dalam rangka mencapai tujuan sekolah yang diinginkan.
               
Tasikmalaya, 19 Pebruari 2016
Kepala Sekolah




Dodo Suryawadi, S.Pd.I
NIP. 196403071989031003


LAMPIRAN-LAMPIRAN


1.       Struktur Organisasi
2.       SK Kepala Madrasah tentang Pembentukan Komite Sekolah 
3.       SK Kepala Tentang Struktur Organisasi Komite Sekolah
4.       SK Kepala Tentang Penunjukan Wali Kelas dan Pembagian Tugas Mengajar Serta SK Pembantu Kepala
5.       Tata Tertib Siswa dan Guru
6.       Denah MIN Sumelap Kota Tasikmalaya